PEJABAT JAJARAN KOREM 102/PJG TERIMA PENATARAN HUKUM DARI DITKUMAD

Bertempat di Aula Korem 102/Pjg Kamis (26/5) para Dandim jajaran Korem 102/Pjg serta para pejabat personil Intel/pam mengikuti kegiatan penataran hukum sebagai fungsi komando. Penataran tersebut diikuti oleh 20 peserta. Penataran hukum fungsi komando ini merupakan salah satu upaya pimpinan dalam rangka memberikan pencerahan dan pemahaman tentang hukum sebagai fungsi Komando, dan sekaligus untuk menyamakan visi, persepsi terhadap tugas dan tanggung jawab setiap Komandan/Pimpinan Satuan terkait dengan kapasitasnya sebagai Atasan yang berhak menghukum (Ankum) maupun selaku Perwira Penyerah Perkara (Papera) serta pejabat yang menangani bidang personel dan intelijen satuan jajaran Korem 102/Pjg dalam rangka pembinaan dan penegakan hukumdi satuannya.

Dalam amanat Danrem 102/Pjg yang dibacakan oleh Kasrem Letkol Inf Ulysses Sondang, S.IP,.Mhum menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Penatar dan para peserta penataran bidang hukum. Hukum sebagai fungsi Komando merupakan tugas dan tanggung jawab Komandan/Pimpinan satuan Militer, untuk melakukan pembinaan dan penegakkan hukum, agar satuan siap operasional. Dalam rangka menjalankan perannya, para Ankum diberikan kewenangan oleh undang-undang untuk menjatuhkan hukuman disiplin dan melakukan penyelidikan terhadap setiap prajurit, yang melakukan pelanggaran dibawah Komandonya.Danrem menyambut baik kegiatan ini guna meningkatkan kualitas pembinaan hukum dan mengoptimalkan peran Ankum serta Pejabat Personel untuk menekan terjadinya pelanggaran anggota di satuan, dan saya berharap kepada para peserta agar mencurahkan pikiran dan perhatiannya untuk mengikuti semua kegiatan secara sungguh-sungguh serta memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

 

Dalam penataran tersebut, para peserta diberikan pembekalan tentang Hukum Disiplin Militer, Penyelenggaraan Hukum Administrasi Militer, Penyelesaian Pidana Perkara dan Tanggung jawab Komando yang disampaikan oleh Tim Ditkumad yaitu Kolonel Chk Bhumi Ansusthavani, S.H,M.H sebagai ketua tim dan dibantu oleh 2 anggota yaitu Letkol Chk Joko Suwarno dan Letkol Chk Jelli Rita. Kegiatan berjalan tertib dan lancar.

Related posts:


DANREM 102/PJG


November 2017
M T W T F S S
« Oct    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930