PANGDAM XII/TPR : APRESIASI SAYA YANG TINGGI TERHADAP LANGKAH KOREM 102 PJG DALAM PEMANTAPAN BELA NEGARA.

PALANGKA RAYA. Demikian pernyataan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Achmad Supriyadi, dalam kesempatan pada acara penandatanganan kerja sama Korem 102/Pjg dengan instansi pemerintah, perguruan tinggi, BUMN, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan di aula Korem 102/Pjg.Bisa jadi hal ini merupakan rekor, ada 40 perwakilan dari pengurus Lintas Agama, Adat, dan Budaya, Instansi Pemerintah, Instansi Pertikal, BUMN, Akademika, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan telah menandatangani kerjasama bersama dengan Korem 102/Paju Panjung jum’at (26/01) di Palangka Raya.

Kegiatan penandatanganan perjanjian yang dilaksanakan ini berkaitan dengan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam pemantapan bela negara yang disaksikan langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Achmad Supriyadi.

Dalam kesempatan memberikan sambutan pengantar di hadapan Pangdam XII/Tpr dan 40 pimpinan/perwakilan, Danrem 102/Pjg, menyatakan,” Bahwa saat ini perkembangan situasi global, regional dan nasional dari aspek ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan terdapat kecenderungan yang mengharuskan kita untuk bekerja kerja keras dalam pemantapan bela negara. Perlu diketahui dan digaris bawahi bahwa bela negara merupakan amanat UUD 1945,” tegasnya.

Salah satu wujud kerja keras ini, berupa peneguhan komitmen dalam bentuk penanda tanganan kerja sama Korem 102/Pjg dengan pemerintah, perguruan tinggi, BUMN, Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan tentang wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka pemantapan bela negara.

Usai kegiatan, Pangdam XII/Tpr,kepada sejumlah awak media menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Komandan Korem 102/Pjg, Kolonel Arm. M. Naudi Nurdika yang telah membuat program sangat strategis berkaitan dengan dengan pemantapan bela negara di Kalimantan Tengah. Bahkan Pangdam berjanji akan membawa model yang dibuat di Korem 102/Pjg ini akan dibawa di Pontianak dan di tempat lain untuk dikembangkan.“Ini sesuatu yang sangat luar biasa, kerja sama pemantapan bela negara ini disaksikan dan dilibatkan langsung pada semua komponen masyarakat Kalteng baik instansi pemerintah,perguruan tinggi, BUMN, tokoh lintas agama, tokoh adat dan budaya, pemuda, praktisi pendidikan dan lain sebagainya dengan tujuan menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air”, kata Jenderal berbintang dua ini.

Hal ini ujarnya menambahkan, juga dimaksudkan bagaimana membuat kondisi Wilayah Kalteng tetap kondusif. Ketika kondisi wilayah kondusif, pelaksanaan Pilkada atau Pemilu dan sebagainya dalam tahun politik saat ini kondisinya tetap akan aman. Dengan melihat situasi yang ada di Kalteng, Pangdam yang baru dilantik beberapa waktu yang lalu ini sangat optimis kondisi di Kalteng akan tetap kondusif. Ditambah lagi dengan sinergitas antara Pemerintah Daerah, Aparat, dan Masyarakat.“Apalagi ditambah dengan adanya kerjasama yang sudah dilaksanakan. Optimis semuanya akan berlalu dengan aman. Jangan diragukan Netralitas TNI. Mulai dari Pimpinan sampai dengan jajaran terbawah, Netralitas harga mati bagi TNI” tegasnya menambahkan.Dalam perspektif lain, dengan adanya kerjasama antara Korem 102/Pjg dengan Organisasi Masyarakat khususnya diharapkan dapat menciptakan situasi aman dan kondusif, serta dapat mencegah dari hal-hal yang destruktif, yang tidak diinginkan.

“Bagaimanapun juga Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan adalah kumpulan masyarakat dan pemuda yang memiliki potensi besar dalam bidang apapun. Ini merupakan satu langkah yang tepat dengan dijalin kerjasama untuk mengokohkan kebersamaan dan sinergitas”, tandasnya.(penrem 102/pjg)

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


February 2018
M T W T F S S
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728