DANREM 102/PJG DAN BUPATI KATINGAN PATROLI KARHUTLA BERSAMA

Palangka Raya – Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm. Saiful Rizal, S. Sos, selaku Dansatgas Karhutla Kalimantan Tengah melaksanakan patroli bersama Bupati Katingan dengan heli BNPB pada Rabu (25/09). Patroli yang juga diikuti Kapenrem dan Pabung Katingan diawali dari bandara Tjilik Riwut, mengitari kota Palangka Raya bagian barat, dilanjutkan menyusuri taman nasional Sebangau wilayah Pulang Pisau, taman nasional Sebangau wilayah Katingan dan mendarat di halaman kantor bupati Katingan.
Setiba di kantor bupati Katingan Danrem dan Bupati menggelar rapat yang juga dihadiri wakil bupati, Plt. Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Ir. Ahmad Rubama, MT, Pabung Katingan dan Kapenrem 102/Pjg

.
Dalam kesempatan tersebut Danrem mengatakan, “Katingan saat ini menjadi atensi di samping daerah lain di Kalteng. Di Katingan terdapat TN Sebangau yang menjadi atensi banyak pihak. Hal yang perlu digaris bawahi, kita perlu menjaga jangan sampai luasan terbakar bertambah. Jadi sosialisasi jangan jeda. Untuk menyiasati keterbatasan air perlu dibuat embung buatan dan sumur bor dengan pemetaan yang tepat. Sebagaimana di Palangka Raya, di beberapa titik sangat membantu. Perlu juga diketahui, selain embung juga perlu sarana angkut yang mudah mobilitasnya di medan sempit, seperti kendaraan roda tiga. Adakan patroli setiap hari, untuk menjangkau daerah yang jauh pakai drone. Saat ini juga terus diupayakan hujan dengan teknologi modifikasi cuaca. Korporasi yang ada ajak dan libatkan. Tegaskan bahwa mereka juga turut bertanggung jawab”,tandasnya.
Sementara itu, bupati Katingan, Zakariyas,SE menyatakan, “Sebenarnya bila satu titik segera dipadamkan, tidak akan meluas seperti ini. Namun saat ini persoalannya kebakaran jauh dari jangkauan dan air begitu sulit. Kami telah berupaya maksimal di lapangan. Pembuatan embung di beberapa titik merupakan solusi yang segera diwujudkan. Paling tidak ini merupakan inspirasi untuk penanggulangan di masa mendatang dan harus dirancang mulai sekarang.

 

Pelibatan korporasi dalam karhutla merupakan keharusan. Kami akan segera bertindak dan terus berkoordinasi dengan satgas baik terkait administrasi maupun teknis operasional di lapangan”,tuturnya.

KT1 KT2

Related posts:


DANREM 102/PJG


October 2019
M T W T F S S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031