Sambangi Peternak Sapi, Sertu Ardiana Ingatkan Kebersihan Kandang

Sebagai wujud kepedulian kepada warga binaanya, Sertu Ardiana Babinsa Koramil 1014 – 05/Pangkalan Banteng sambangi warga binaan Bapak Supar yang memiliki ternak Sapi di Desa Sungai Pakit Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, (21/3/2024).

Pada kesempatan ini Serda Ardiana menemui warga binaan yang memiliki ternak sapi untuk memberikan himbauan akan pentingnya menjaga kebersihan kandang dan menjaga makan hewan ternak merupakan hal utama yang perlu diperhatikan dalam beternak.

“Bentuk upaya dalam mencegah atau mengantisipasi hewan ternak tidak mudah terserang penyakit diantaranya menjaga kebersihan kandang dan menjaga asupan gizi atau nutrisi makanannya.

Mengingat maraknya hewan ternak terutama sapi yang terserang penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), langkah tersebut merupakan langkah yang tepat untuk menghindari ternak agar tidak rentan terserang penyakit,”ucap Serda Ardiana saat bersama peternak binaan.

Apabila kondisi ternak sakit, jangan digabungkan dengan yang sehat, segera dilaporkan agar mendapatkan penanganan. Begitupun sebaliknya, apabila kondisi ternak sehat juga dilaporkan agar mendapatkan vaksin hewan untuk kekebalan agar tahan terhadap penyakit.”imbuhnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Bapak Supar mengatakan bahwa dalam menjaga kebersihan, 2x dalam seminggu dilakukan pembersihan kandang.

“Kami sangat senang dengan kepedulian Babinsa selalu mengingatkan peternak dalam memelihara kesehatan dengan menjaga kebersihan. Hal ini sangat penting, agar peternak tidak rugi di kemudian hari akibat kematian pada ternak karena sakit atau terserang penyakit.”tutur Bapak Supar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DANREM 102 PJG
Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto,S.I.P
Oktober 2024
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Archive