KASREM 102/PJG SEBAGAI IRUP PADA UPACARA PENUTUPAN LATIHAN BERSAMA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KOREM 102/PJG TA. 2016

Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan bencana alam yang meliputi bencana banjir, tanah longsor dan khususnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Tengah pada Jum’at (22/4/)anggota Korem 102/Pjg beserta instansi terkait baik dari pemadam kebakaran, Brigade Rescue secara menyeluruh turut dalam kegiatan latihan simulasipenanggulangan bencana di Kelurahan Kalampangan Kec. Sebangau. Hal ini dalam rangka mewujudkan sinergisitas antara Korem 102/Pjg dengan pemerintah daerah dalamrangkamenangulangi bencana alam yang mungkin terjadi diwilayah Kalimantan Tengah,. Pelaksanaan latihan bersama penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan ini telah berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 18 s.d 22 April 2016. Adapun kegiatan-kegaiatan yang telah dilaksanakan antara lain pembekalan tentang bencana alam, pengetahuan penanggulangan bencana banjir, pengetahuan alat damkar dan tehnik penggunaanya, pengetahuan bencana alam karlahut, pengetahuan teori tanah longsor, dril teknis maupun taktis bencana banjir dan dril teknis maupun taktis bencana alam kebakaran lahan dan hutan.

Selanjutnya pada Pukul 15.30 Wib Kasrem 102/Pjg Letkol Inf Ulysses Sondang, S.IP, MHumsecara langsung menutup kegiatan latihan bersama penanggulangan bencana di Kelurahan Kalampangan Kec. Sebangau. Dalam sambutan Danrem 102/Pjg yang dibacakan oleh Kasrem menyampaikan bahwa latihan penanggulangan bencana alam yang baru saja dilaksanakan merupakan suatu moment yang sangat penting bagi kita semua, dimana selama mengikuti latihan, semua tenaga, pikiran dan konsentrasi para peserta terfokus pada kegiatan latihan ini, tetapi semua pengorbanan ini tidaklah sia-sia, karena saya yakin dan percaya selama mengikuti latihan ini para peserta telah mendapatkan ilmu dan wawasan sebagai bekal untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam di wilayah secara terpadu, terencana dan berkesinambungan.

 

Melalui latihan ini, para peserta telah diberikan berbagai macam gambaran dan permasalahan aktual tentang bencana alam yang memerlukan pemecahan secara komprehensif dan terintegrasi. Saya mengharapkan kepada seluruh peserta latihan agar semua materi yang telah diterima selama melaksanakan latihan, hendaknya benar-benar dipahami, dimengerti, ditingkatkan dan dikembangkan, dengan penuh inovasi dan kreatifitas, sesuai perkembangan situasi yang terjadi. Ini sangat penting, karena kenyataan atau permasalahan aktual di lapangan, selalu memiliki dinamika dan karakteristik yang berbeda.

 

Koordinasi antara seluruh unsur terkait perlu dilakukan, sehingga kita senantiasa memiliki kesiapsiagaan serta mampu mendeteksi sedini mungkin segala perkembangan situasi serta kemungkinan terjadinya bencana setiap saat. Sehingga kita selalu siap untuk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi serta bantuan kemanusiaan pasca bencana. Kepada para pendukung, pembina, pelatih dan para peserta sekalian, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kerja kerasnya, sehingga latihanini dapat terselenggara dengan lancar, tertib dan sukses. Kepada rekan-rekan dari Pemda dan instansi terkait lainnya, saya ucapkan terimakasih atas partisipasinya sehingga latihanpenanggulangan bencana alam ini dapat terlaksana dengan baik.

Related posts:


DANREM 102/PJG


October 2018
M T W T F S S
« Sep    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031