APEL GABUNGAN JAJARAN KOREM 102/PJG UNTUK BHAKTI SOSIAL PEMBERSIHAN MASJID DAN GEREJA DI KOTA PALANGKA RAYA DALAM RANGKA PEKAN PANCASILA

Bertempat di Lapangan Apel Makorem 102/Pjg, pada Jum’at(2/6) pukul 07.00 WIB Korem 102/Pjg menyelenggarakan apel gabungan jajaran Korem 102/Pjg bersama pemuda Kristen dan Hindu untuk Kegiatan Bhakti Sosial pembersihan Masjid di kota Palangka Raya dalam rangka pekan Pancasila di bumi tambun bungai dengan mengmbil Tema :   Berpandu dalam Kebhinekaan untuk Indonesia. Dengan yel yel Siapa Saya ? Pancasila . Siapa Kita ? Indonesia

Dalam kesempatan ini Danrem 102/Pjg Kolonel Arm Naudi Nurdika, S.I.P.,M.Si langsung mengambil apel dan sekaligus menyampaikan pengarahan sebagai berikut ; Mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan dan memelihara kebersamaan dalam kebhinekaan. Perbedaan bukanlah penghalang, namun justru menjadi penguat dan saling melengkapi dalam berbangsa dan bernegara. Dalam Pekan Pancasila, dengan mengusung tema “Berpadu dalam Kebhinekaan di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila Kalteng Untuk Indonesia”, Anggota Korem 102/Pjg bersama ratusan pemuda Kristen dan Hindu melaksanakan pembersihan sujumlah masjid di Kota Palangka Raya, mengajak masyarakat untuk bersama-sama “Kalteng adalah contoh keberagaman. Falsafah Huma Betang terus kita dengungkan guna memberikan contoh atau gambaran pengamalan Pancasila yang sebenarnya. Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan tulus dan ikhkas.ikhlas, tanpa memandang latar belakang dan golongan. Semuanya bermuara untuk NKRI. kegiatan mulia ini akan terus dilakukan, secara berkelanjutan. Dalam kesempatan lain, masyarakat muslim akan membersihkan gereja dan pura disekitar kota Palangka Raya.

Testimoni pemuka agama terkait kegiatan Pekan Pancasila, ” Bahwa kegiatan ini merupakan wujud pengamalan Pancasila dan sangat relevan dengan ajaran agama apapun. Hal ini juga dapat sebagai benteng umat dari provokasi yang negatif, yang berusaha memecah belah bangsa karena perbedaan keyakinan di negara kita ini. Saya berharap kegiatan kebersamaan lintas agama ini terus ditingkatkan di masa mendatang ‘, ungkap pendeta Christin Mandiangan.

Sementara itu Ustad Fahmi, DKM An-Nur menyatakan bahwa, ” Ini adalah wujud nyata dalam ber-Pancasila sekaligus mengamalkan ajaran agama untuk selalu rukun dengan sesama, ukhuwah wathaniyah sebagai sesama anak bangsa. Hal ini dapat menepis segala bentuk provokasi yang ingin memecah belah antar sesama, dengan dalih perbedaan. Kebhinekaan merupakan anugerah, maka harus sikapi dengan mngedepankan keterpaduan, kita rajut dengan kesamaan yang ada sebagai sesama warga negara Indonesia, sehingga menjadi indah. Mari kita jaga dan amalkan falsafah huma betang di bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila”.

Lebih lanjut kegiatan serupa juga telah dilaksanakan pada hari minggu (4/6) Pukul 07.00 Wib Bertempat di Lapangan Apel Makorem 102/Pjgdipimpin oleh Kasrem 102/Pjg Letnan Kolonel Inf Enda Mora Harahap, S.Sos menyelenggarakan apel gabungan jajaran Korem 102/Pjg bersama pemuda Islam untuk Kegiatan Bhakti Sosial pembersihan Gereja-gereja di kota palangka raya dalam rangka pekan Pancasila di bumi tambun bungai Bumi Pancasila Kalimantan Tengah.

Related posts:


DANREM 102/PJG


December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031