KODIM 1013/MTW GELAR KOMSOS KREATIF AJAK LESTARIKAN SENI BUDAYA

Komando Distrik Militer (Kodim) 1013/Muara Teweh melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif lomba tarian daerah dan baca puisi, di desa Kandui, Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah, Jumat (28/7) malam. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim.

Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Lomba sendiri diikuti 7 peserta tari dan 12 peserta lomba puisi.

Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim, mengajak masyarakat setempat untuk selalu melestarikan budaya daerah. Dengan melestarikan budaya daerah, diharapakan dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai daerah dan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. “Lomba bertujuan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah, dan mengharapkan akan meningkatkan budaya yang ada disini,” terang Adhi Giri didampingi istri.

Sebab di zaman globalisasi yang semakin maju ini, makin banyak masuk pengaruh dari luar. Dia mengajak generasi muda agar lebih semangat lagi menjaga jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. “Meski berbeda-beda namun tetap Indonesia, dan dengan budaya inilah sebagai modal kita ke depan,” terang Dandim.

Juara lomba nantinya, kata dia, akan diikut sertakan ditingkat Korem dalam lomba berikutnya. Dan juara yang terpilih  agar bisa menampilkan yang terbaik sehingga bisa mengangkat nama daerah khususnya Kabupaten Barut.

Camat Gunung Timang, Syahmiludin, menjelaskan, bahwa selama ini di Kecamatan Gunung Timang keamanan dan ketertiban masyarakat cukup berjalan dengan kondusif. Yang tak lepas dari peran pembinaan TNI, polri dan tokoh masyarakat untuk menjaga peradaban yang ada. “Sehingga kita bisa menjaga Kebhinekaan,” tandasnya.

Dia mengingatkan, upaya untuk memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa serta nilai-nilia patriotrisme dari pihak luar, salah satu yang dilihat mereka yaitu mulai dari budaya, lebih-lebih di media sosial (Medsos, red)  yang begitu pesatnya. “Diharapkan bagi kita semua untuk senantiasa berpegang teguh dengan nilai-nilai budaya bangsa yang selama ini sudah mampu mempersatukan kita,” tukasnya

Related posts:


DANREM 102/PJG


December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031