BHAKTI SOSIAL DALAM RANGKA HUT TNI,SUDAH JALANI OPERASI KATARAK

Sejak kemarin sampai dengan Jum’at (04/08), kegiatan bakti sosial Operasi Katarak yang dilaksanakan di Rumah Sakit TNI AD Jl.Diponegoro Kota Palangka Raya atas kerjasama jajaran Korem 102/ Panju Panjung dan pihak terkait terus berjalan. Antusias masyarakat yang mengikuti kegiatan pun masih cukup tinggi. Bahkan Informasi di lapangan kegiatan yang dibuka sampai dengan Sabtu (05/08) besok, pendaftaran pasien operasi katarak masih tetap dibuka sampai dengan siang.Masyarakat yang ingin mendaftar, bisa langsung mendatangi lokasi kegiatan. Pantauan di lapangan, sejumlah tim medis yang didatangkan langsung dari Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung tengah melakukan operasi katarak ke beberapa pasien.

Hal ini disampaikan berdasarkan informasi dari Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 102/Panju Panjung, Mayor Inf. Mahsun Abadi, bahwa rencana hari ini ada sekitar 26 pasien dilakukan operasi setelah melakukan screening awal dan mendalam.“Hari ini direncanakan ada sekitar 166 orang akan melakukan pemeriksaan pemeriksaan awal sebelum dilakukan operasi. Untuk masyarakat yang lain, masih belum hadir. Dan dari data 206 orang yang mendaftar kemarin, ada tambahan 50 orang yang mendaftarkan diri langsung hari ini,” jelas Mahsun.

Kendati demikian, ia juga menyampaikan, ada 84 orang terpaksa dipulangkan dan tidak bisa dilakukan operasi, dengan alasan medis dari hasil screening seperti tensi tinggi dan gula dara tinggi.Di sisi lain Kepala Rumah Sakit TK. IV 12.07.03 Palangka Raya dr. Lucky Susanto menyampaikan, sebelum pasien melaksanakan operasi, pihaknya terlebih dahulu melakukan screnning mendalam oleh dokter spesialis mata untuk mengetahui tensi darah, gula darah, dan kondisi mata si pasien.“Hingga saat ini ada pasien dimungkinkan terus bertambah, karena Pendaftaran akan dibuka hingga siang nanti. Hingga saat ini ada 37 orang pasien yang bisa dilakukan operasi,” jelas Lucky menambahkan.

Jika terjadi keluhan kepada pasien pasca operasi seperti mata merah dan keluhan lain sebagainya, lanjutnya lagi, dianjurkan untuk mendatangi dokter spesialis mata di sekitar tempat tinggal pasien atau penderita.Disisi lain, Owner Kopi Joss Kota Palangka Raya, H. Rizky Badjuri, yang juga sebagai pihak pendukung kegiatan mengharapkan agar masyarakat jangan ragu untuk mengikuti Kegiatan Operasi Katarak Gratis ini, karena kegiatan ini memang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat.“Sangat disayangkan, sambungnya, apabila momen ini tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pasalnya walaupun hanya

 

sekitar 30 persen yang bisa menjalani operasi, alangkah baiknya apabila masyarakat melakukan cek kesehatan matanya terlebih dahulu, sesuai mekanisme yang di arahkan langsung oleh pihak RS. TNI-AD,” kata Rizky.

 

Informasi yang ia peroleh, hanya sekitar 30 persen peserta yang bisa mengikuti operasi Katarak ini, bukan berarti yang lain tidak bisa mengikuti. ada beberapa kendala yang tidak memungkinkan untuk para peserta mengikuti operasi ini, misalnya Tensi darah tinggi, gula darah, maupun diagnosa pihak rumah sakit menyatakan sakit yang diderita peserta bukan katarak.

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031