Pabung 1013/Mtw Dampingi Gubernur Kalteng Lakukan Kegiatan Manugal Tanam Perdana Padi Gogo di Laung Tuhup Mura

Pabung 1013/Mtw mendampingi Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura), Forkopimda, dan masyarakat setempat, melakukan kegiatan Manugal di Kecamatan Laung Tuhup, Jumat (11/10/2024).

Manugal merupakan tradisi bercocok tanam padi yang dilakukan masyarakat Dayak Kalteng secara turun-temurun. Dalam tradisi Manugal, digunakan kayu yang diruncingkan di bagian depan untuk membuat lubang di tanah sebagai tempat benih padi dimasukkan. Tradisi ini biasanya dilakukan secara gotong royong dan diikuti seluruh lapisan masyarakat, baik tua maupun muda.

Pabung 1013/Mtw Mayor Inf Heru Widodo, menyambut baik dan sangat menghargai program ketahanan pangan yang dilaksanakan “Konsep ketahanan pangan juga saya harapkan juga diiringi dengan sistem pertanian yang ramah lingkungan dan bersahabat dengan alam. Perilaku organik di dalam dunia pertanian kita tidak hanya menyelamatkan lingkungan tetapi juga sangat efisien dalam pembiayaan”, jelas Pabung

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj.) Bupati Hermon melaporkan kegiatan penanaman Padi Gogo ini akan dilakukan di 10 Kecamatan dan Laung Tuhup merupakan Kecamatan ketiga pada musim tanam ini.

“Alhamdulillah ini Pak Gubernur hadir bersama-sama dengan kami di penanaman perdana di Kecamatan Laung Tuhup,” ujarnya.

Ketiga Kecamatan yang telah melakukan penanaman, menurut Hermon, adalah Kecamatan Tanah Siang, Tanah Siang Selatan, dan Laung Tuhup.

“Ini yang ketiga dan akan terus berlanjut di musim penanaman ini sampai nanti selesai di 10 Kecamatan,” jelasnya.

Turut Hadil dalam kegiatan gubernur kalteng Bpk sugiato. Sabran, pj bupati murung raya Bpk hermon, pj sekda mura Bpk Rudy roy S. Stp, pabung murung raya mayor Inf heru widodo, kapolres mura akbp irwansyah, kajari mura Bpk Taufik SH, plt camat laung tuhup Bpk dommy Joan eka dinata S.Stp. M.ip, Plh danramil 08 serma nasution,nkapolsek.launh tuhup ipda taufik hidayat Serta lurah muara laung 1 Bpk Amin kaspi S. Stp

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DANREM 102 PJG
Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto,S.I.P
Oktober 2024
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Archive