PASIOPS KODIM 1011/KLK, “GEMBLENG” SISWA BARU SMKN 1 KAPUAS

Kuala Kapuas-Di dunia pendidikan, pada saat awal masuk tahun ajaran baru, dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Tujuannya adalah memberikan informasi-informasi yang berkaitan tentang sekolah dan lingkungannya yang akan dijadikan sebagai tempat belajar di masa mendatang. Di samping itu MPLS juga diisi materi-materi untuk membentuk dan memperkuat karakter meliputi nilai-nilai patriotisme, etika, kedisiplinan, keberanian. Sebagaimana yang dilaksanakan di SMKN 1 Kapuas, dilaksanakan mulai 16-18 Juli 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Paaiops Kodim 1011/Klk, menjadi pemateri. Adapun materi yang disampaikan tentang wawasan kebangsaan, penanaman disiplin, dan PBB. Dalam kaitan tersebut Dandim 1011/Klk, Letkol Inf. A. Syaikhu, menyatakan,”Pemberian materi wawasan kebangsaan dan latihan PBB dan kedisiplinan merupakan wahana untuk membentuk karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa. Hal ini sangat vital”,tegasnya.
Sementara itu, Pasiops Kodim 1011/Klk, menyatakan,”Materi MPLS relatif tetap dari tahun ke tahun.Adapun metode dan pendekatannya yang harus diadaptasi dengan kondisi perkembangan jaman. Tidak bisa dilaksanakan seperti jaman dahulu, dengan tekanan-tekanan yang bisa berdampak pada psikis siswa. Sekarang ini lebih tepat dengan metode dan pendekatan yang persuasif dan dialogis tanpa mengabaikan prinsip disiplin”,tandasnya.

Siswa diarahkan untuk mengenal dirinya, sehingga segala sesuatu dilakukan dengan dilandasi kebutuhan dirinya, bukan karena tekanan eksternal, demikian pasiops Dim 1011/Klk menambahkan.
Pantauan di lapangan, pasiopsdim mengajarkan PBB dan keberanian public speaking serta tentang wawasan kebangsaan. Masa pengenalan lingkungan sekolah diikuti 390 siswa

.
Dalam materi wawasan kebangsaan, Kapten Inf. Jupri menekankan pentingnya para siswa mengetahui empat konsensus dasar bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. di samping itu, para siswa harus mengetahui dan memahami sejarah bangsa Indonesia. Bahwa Indonesia didirikan dengan pengorbanan darah dan air mata pejuang.

Untuk mendisiplinkan siswa dan melatih keberanian, Kapten Inf. Jupri memberikan materi PBB dan memberikan praktek public speaking. Beberapa siswa dengan percaya diri melakukan praktek langsung.
“Bagi siswa, yang terpenting adalah berani mencoba. Itulah bekal utama untuk maju dan berkembang”,tandasnya. Menanggapi kegiatan tersebut, kepala SMK Kapuas, Drs. During, menyatakan,”Kami sangat respek dan memberi apresiasi yang tinggi dengan materi dari TNI. Hal ini sangat penting bagi siswa untuk membentuk karakter pribadinya”,tuturnya.(penrem102/pjg)

pasiop1 pasiop2

 

 

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


SATGAS TERPADU KAB. KOBAR, ALL OUT ATASI KARHUTLADANREM 102/PJG : PRAJURIT TNI HARUS NETRAL DALAM PILPRES

December 2018
M T W T F S S
« Nov    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31