PRAJURIT KREATIF, MANFAATKAN LAHAN SEMPIT JADI PRODUKTIF

Sore itu, Kamis (12/09) adalah waktu yang nyaman untuk bersantai atau jalan-jalan bersama menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun tidak bagi sosok prajurit kita yang ulet dan pekerja keras ini. Adalah Serma Made Pursana, seorang prajurit yang berdinas di Denkesyah 12.04.02 Turmin Simak BMN Rumkit Tk. IV Palangka Raya. Sosok yang berasal dari Basarang, Kapuas, sore ini harus membasahi tanaman palawija di belakang rumahnya. “Saya harus sempatkan waktu untuk menyiram tanaman kacang dan sayur mayur lainnya. Kondisi tanah harus selalu basah, karena kemarau yang panjang. Apabila tidak disiram tanaman akan layu lalu kering”,tuturnya.
Di hamaparan tanah sepetak di belakang rumahnya dimanfaatkan untuk bercocok tanam aneka sayuran. Selain bercocok tanam, prajurit yang memiliki tiga orang anak ini juga memelihara ayam jenis bangkok. “Sepanjang ada kesempatan, bercocok tanam dan beternak kami lakukan. Ternyata hasilnya bagus. Dengan bercocok tanam, badan selalu bergerak, kita sehat dan dapat hasil. Lahan yang terbatas bila dikelola akan produktif. Sedangkan beternak dapat dianggap sebagai hiburan dan melatih kesabaran menghadapi unggas”, tandasnya mantap.
Sementara itu, Dandenkesyah 12.04.02 Palangka Raya, Letkol Ckm. Salundik, SH, selaku atasannya menyatakan, “Saya memberikan apresiasi kepada prajurit yang kreatif dan inovatif. Ini adalah contoh sederhana yang inspiratif, mengolah lahan terbatas, mendatangkan hasil yang bagus. Paling tidak dari pada ditumbuhi ilalang yang tidak berguna, yang dilakukan Serma Made Pursana pantas ditiru”,tuturnya mengakhiri.

kes1 kes2

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DANREM 102 PJG
Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto,S.I.P
September 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Archive