KUNJUNGI MARKAS FORDAYAK, DANREM BERBINCANG BANYAK HAL

Salah satu motto dari Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm. Saiful Rizal, S. Sos adalah kita harus berteman dengan siapapun, di samping sebagai komandan satkowil, harus selalu melakukan komunikasi sosial dengan semua komponen dan lapisan masyarakat dalam rangka pembinaan teritorial untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.
Hal itulah yang menginspirasi Danrem pada Kamis (12/09) didampingi Dandenpal Palangka dan beberapa perwira berkunjung ke kantor Fordayak di Jl. Garuda VI/07 Palangka Raya. Kunjungan ini merupakan agenda nonformal, untuk sharing tentang banyak hal terkait seni budaya dan dinamika sosial kemasyarakatan.

Danrem 102/Pjg mengawali perbincangan dengan mengatakan, “Kami hadir di sini bersama beberapa perwira Korem untuk silaturahmi dengan fordayak agar terjalin kebersamaan. Dengan silaturahmi banyak hal bisa dibincangkan dengan ringan namun produktif dan konstruktif”,tuturnya.
Selanjutnya, Kilat Kasanang, selaku pimpinan Fordayak Palangka Raya yang didampingi beperapa pimpinan Fordayak lainnya menyambut hangat kedatangan Danrem dan rombongan. Dalam kesempatan tersebut diutarakan agenda Fordayak Goes to Campus. “Kami mohon suport dari Bapak Danrem. Dalam acara tersebut kami arahkan bagimana para mahasiswa sebagai generasi muda mengenal secara mendalam budaya Dayak”,tuturnya.
Di tempat dan saat yang sama, Cendana selaku tokoh budaya dayak menyatakan, budaya harus dikuatkan, karena budaya juga merupakan benteng negara dari pengaruh budaya asing yang terkadang tak berbatas.
Selanjutnya, Danrem juga menyatakan tentang langkah untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan secara utuh, yang disimbolkan dengan tarian kolaborasi nusantara oleh paguyuban yang ada di Kalteng.
Dari pembicaraan tersebut, mengalir sampai filosofi hidup masyarakat Dayak yang sangat relevan dengan Pancasila. Nilai tersebut adalah jujur, kesetaraan, hapakat dan taat hukum. Selain itu juga dibahas tentang kearifan lokal yang harus dijaga di tengah dinamika perubahan jaman yang sangat progresif, program golden period untuk menguatkan kesiapan SDM masyarakat Kalteng.

D1 D2 D3

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


October 2019
M T W T F S S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031