Danrem 102/Pjg, Terima Anggota DPR RI

Palangka Raya – Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm. Saiful Rizal, S
Sos, didampingi staf menerima kinjungan kerja anggota DPR RI dari komisi delapan, fraksi Gerindra, Iwan Kurniawan, uang didampingi anggota DPRD Kalteng dari komisi tiga, fraksi Gerindra, Ny. Andayani dan Ny. Kuwu Senilawati di ruang kerja Danrem pada Senin (30/12). “Kami beserta staf mengucapkan selamat datang di Korem 102/Pjg. Merupakan kehormatan bagi kami mendapat kunjungan ini”,tutur Danrem mengawali penyambutan.
Selanjutnya Danrem menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan tugas pokok Korem 102/Pjg.


Situasi Kalimantan Tengah, Danrem mengawali penyampaiannya, sampai saat ini sangat kondusif. Hal ini tidak terlepas dari upaya terpadu baik Korem 102/Pjg, pemda, Polri, akademisi, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi dan komponen bangsa lainnya dalam mengelola situasi Kalteng sesuai tugas pokok masing-masing menuju ketahanan wilayah yang mantap.

Dalam aspek geografi, Korem 102/Pjg telah memberikan kontribusi dengan pelaksanaan TMMD (sesuai program komando atas) dan Karya Bhakti yang dilaksanakan secara mandiri maupun bersinergi dengan pemerintah daerah.

Selanjutnya dalam bidang demografi, Korem 102/Pjg dan jajaran sangat peduli dalam meningkatkan kulitas SDM, terutama putra daerah, untuk menghadapi masa depan. Titik yang krusial dalam perkembangan SDM adalah saat eriode emas (golden period), atau seribu hari pertama. Perhatian Korem berupa pengawalan dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan bagi warga kurang mampu, dalam masa yang menetukan tersebut, baik bagi ibunya maupun anak yang dikandungnya sampai tiga tahun pertama, dengan melibatkan stake holder dan dunia usaha. Selain itu, Korem juga memfasilitasi latihan fisik, akademik dan psikologi bagi remaja yang akan meniti karir sebagai TNI, Polri dan sekolah kedinasan lainnya. Tahun ini Korem 102/Pjg telah mengirim 455 pemuda asli Dayak untuk dididik menjadi anggota TNI, setelah melalui serangkaian tes.

Lebih lanjut dalam aspek kondisi sosial, terkait ideologi Korem 102/Pjg bersama komponen bangsa lainnya telah menjaga Pancasila tetap lestari di Bumi Tambun Bungai, melalui kegiatan-kegiatan pemantapan bela negara baik di lingkungan kampus perguruan tinggi, sekolah, lingkungan kerja dan masyarakat. Dalam aspek politik, Korem 102/Pjg bersama komponen bangsa lainnya telah berhasil mengawal jalannya agenda nasional berupa pilpres, pileg dan pilkada serentak. Terkait sosial budaya, Korem 102/Pjg turut berperan dalam menjaga dan kelestarian kearifan lokal huma betang, melalui reaktualisasi empat energi betang yang di dalamnya terdapat nilai kejujuran, kesetaraan, hapakat dan taat hukum. Dalam setiap kesempatan dan media Korem turut menggaungkan ke semua kalangan.

Terkait pertahanan dan keamanan, Korem dan jajaran bersama komponen bangsa lainnya berupaya menciptakan ketahanan dan stabilitas wilayah melalui pemberdayaan wilayah. Sebagai gambaran yang dikemukakan adalah melaui komunikasi sosial, Korem dan jajaran telah berhasil mengarahkan masyarakat yang memiliki senjata api rakitan dan illegal untuk menyerahkan kepada aparat. Hal ini untuk mencegah penggunaan senjata tersebut untuk melanggar hukum. Di samping itu Korem dan jajaran juga telah membantu kepolisian dalam mengungkap kejahatan.

Selanjutnya dalam kesempatan memberikan penyampaian tujuan kedatangan, anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Iwan Kurniawan menyatakan, “Kami ucapkan terima kasih kepada pak Danrem dan staf yang telah menerima kami. Tijuan kedatangan kami adalah untuk sharing dalam rangka menyerap aspirasi dari semua elemen masyarakat termasuk TNI. Kami telah paham bahwa Korem 102/Pjg telah berbuat terbaik untuk Kalteng”,tandasnya.
Selanjutnya, anggota DPRD Kalteng dari komisi tiga yang mengurusi masalah kesejahteraan, Ny. Kuwu Senilawati menyatakan,”Kami sangat apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan Korem dan jajaran. Saya menyoroti terkait komitmen Korem dalam menjunjung tinggi kearifan lokal, kami berharap turut juga mengawal renovasi huma betang yang hampir runtuh dibeberapa wilayah, seoerti Tumbang Gagu, Tumbang Korik, Tumbang Malahoi.


DANREM 102/PJG


January 2020
M T W T F S S
« Dec    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031