PERKUAT NASIONALISME, PAKUMREM 102/PJG, BERI KULIAH UMUM DI FH. UPR.

Nasionalisme mahasiswa secara umum saat ini perlu diperkuat. Hal ini disebabkan pengaruh perkembangan sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat progresif. Hal yang paling menonjol dari dampak progresifitas tersebut adalah adanya sikap pragmatis dan cenderung hedonis.Hal tersebut, ceoat atau lambat akan mengikis nasionalisme generasi muda dan mahasiswa. Berangkat dari fenomena tersebut maka Pakumrem 102/Pjg, Mayor Chk. Suherman, SH.MH.memberi kuliah umum kepada mahasiswa hukum UPR dengan thema “PERAN PEMUDA DALAM MENANGKAL DAN MENCEGAH RADIKALISME DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI”.

 

Dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Univ. Palangka Raya tersebut peserta terdiri dari seluruh Mahasiswa baru Fakultas Hukum 250 orang.

Adapun inti dari materi yang disampaikan oleh Pakumrem 102/Pjg, Mayor Chk. Suherman, SH.MH diantaranya menyampaikan bahwa Penyebab aksi Radikalisme dan Terorisme di Indonesia antara lain : Kesukuan dan Separatisme, aksi yg ditujukan kepada suku lain dalam rangka memisahkan diri dari NKRI. Kemiskinan danKesenjangan sosial.Hal ini menimbulkankebencian dan teror khususnya kepada kelompok mapanNon-Demokrasi. Penyebabnya tidak tersalurnya aspirasisehingg berusaha memaksakan aspirasi politik dan ideologinya. RadikalismeAgama yang muncul akibat pemahaman sempit terhadapagama yang dianut.Dalam menghadapi aksi radikalisme dan terorisme, maka pemuda/mahasiswa dituntut menjadi generasi yang berkualitas (hebat) harus menghindari dari hal2 yang bersifat SARA, RADIKALISME, NARKOBA, dan KORUPSI. Selanjutnya untuk menghindari hal tersebut dituntut supaya punya Iman, sehat, nasionalis, berkarakter dan berprestasi.Dalam kesempatan tersebut hadir wakil Dekan III FH. UPR, Fransisco, SH.LLM, didampingi para pengurus BEM FH. UPR.

 

 

 

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


November 2017
M T W T F S S
« Oct    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930