PERINGATI HJK 2017, KOREM 102/PJG, PERKUAT MANUNGGAL DENGAN RAKYAT, SANTUNI ANAK YATIM

Korem 102/Pjg dan jajaran melaksanakan upacara Hari Juang Kartika ke 72 Tahun 2017 di Lapangan Makorem 102/Pjg Jl. Imam Binjol Palangka 05 Raya pada Jumat pagi (15/12/2017).

 

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Juang Kartika kali ini “TNI AD Kuat Bersama Rakyat”.

 

Danrem 102/Pjg, selaku inspektur upacara membacakan kutipan pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman uang sarat makna, “Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu.”

Selanjutnya, ”Tentara hanya mempunyai satu kewajiban, mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya. Sudah cukup kalau tentara teguh memegang kewajiban ini, lagipula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh. Tentara tidak boleh menjadi alat suatu golongan atau orang siapapun juga,” kata Danrem mengutip pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Dalam momentum hari Juang Kartika ke-72 ini, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dalam amanat yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan hari ini tepat 72 tahun yang lalu, peristiwa yang dikenal dengan Palagan Ambarawa, Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan cikal bakal TNI bersama rakyat berhasil memukul mundur tentara sekutu yang memiliki persenjataan modern dan kemampuan taktik serta strategi perang.

“Hubungan antara TNI AD dan rakyat bukan hanya sebatas hubungan profesionalitas saja, namun TNI AD lahir dari rakyat sehingga senantiasa membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat,” Jelas Kasad Jenderal TNI Mulyono.

Sementara itu, Danrem Kolonel Arm. M. Naudi Nurdika, S.IP, M.Si, mengatakan, ” Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Jajaran TNI AD di Wilayahnya (Kalteng), dalam memperingati Hari Juang Kartika tahun 2017 meliputi acara syukuran doa bersama, Bhakti Sosial kesehatan donor darah, sunatan massal, pengobatan gratis, operasi katarak serta kegiatan bhakti sosial membantu merehab rumah warga tidak layak huni, santunan kepada yatim piatu, santunan kepada warakawuri dan veteran, serta beberapa kegiatan lainnya” jelasnya.

Upacara yang diikuti seluruh Jajaran TNI AD garnizun Palangka Raya tersebut dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada dhuafa dan warakawuri, demonstrasi yong moodo binaan korem 102/Pjg, drama kolosal kepahlawanan Tjilik Riwut yang dibawakan oleh prajurit dan ibu persit KCK.

Upacara yang dihadiri Danrem 102/Pjg, Kasrem 102/Pjg, Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr, para Dansat, Ketua LVRI didampingi para anggota, para anak panti asuhan di Palangka Raya berlangsung sederhana namun khidmad. (penrem 102).

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


November 2018
M T W T F S S
« Oct    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930