PROSESI PEDANG PORA DAN TARDISI ADAT SAMBUT CALON DANDIM

Prosesi pedang pora menyambut kedatangan calon Dandim 1014/ Pangkalan Bun Letkol Inf Muhamad Roni Sulaiman ke Makodim 1014/Pbn, Rabu (23/5). Dalam kegiatan yang juga turut dihadiri oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah beserta Forkopimda dan jajaran unsur pemerintahan dilingkup Kabupatan Kotawaringin Barat tersebut juga dilaksanakan dengan tardisi upacara adat sebagai tanda diterimanya Letkol Inf Muhamad Roni di bumi yang berjuluk Marunting Batu Aji ini.Kegiatan penyambutan yang dilaksanakan kali ini terhadap Letkol Inf M. Roni Sulaiman sebagai warga baru di lingkungan Kodim 1014 Pangkalan Bun, merupakan tradisi TNI sebagai pengenalan wilayah dan parjurit di yang bertugas di lingkungan Kodim 1014/Pbn sebelum nantinya dilakukan acara Serah Terima Jabatan. Dandim 1014/ Pangkalan Bun Letkol Inf. Wisnu Kurniawan mengatakan, tradisi penyambutan warga baru dalam hal ini Letkol Inf M. Roni sebagai warga baru di lingkungan Kodim 1014 Pangkalan Bun, sebelum nantinnya dilantik sebagai Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun.”Selain penyambutan, kegiatan ini juga digelar prosesi upacara adat, tujuannya adalah untuk melestarikan adat dan budaya yang ada di Kabupaten Kobar,” ujar Wisnu, usai kegiatan, di Makodim 1014 Pangkalan Bun, Rabu (23/5).

 

Dandim menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan adat dan budaya yang ada di Kobar kepada pejabat baru Kodim, kegiatan ini juga merupakan simbol bahwa Kodim 1014/ Pangkalan Bun, menghargai dan menghormati kearifan lokal berupa Budaya Adat setempat.”Sehinga diharapkan kedepan Letkol Roni bisa menyatu dengan masyarakat dan rakyat serta seluruh stakeholder yang ada di wilayah teritorial Kodim 1014/Pangkalan Bun yang mencakup di tiga Kabupaten yakni Kobar, Sukamara, dan Lamandau,” jelasnya.Dandim menambahkan, diharapakan kedepan kepemimpinan Dandim yang baru nantinya bisa mendukung tugas Pemda, meningkatkan sinergitas dengan stakeholder terkait, dan komsos dengan masyarakat luas. “Semoga tugas yang selama ini saya pimpin bisa dilanjutkan oleh Letkol Roni, bahkan lebih baik lagi kedepanya,” imbuhanya

pbn1 pbn2 pbn3

Sementara itu Letkol Inf M. Roni mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih dan merasa terhormat atas sambutan yang juga turut dihadir unsur Forkopimda dan jajajaran Pemrintahan di lingkup Kabupaten Kobar.”Dari hasil kegiatan ini saya sudah melihat gambaran tentang teritorial wilayah Kodim 1014 Pangkalan Bun untuk melanjutkan kepemimpinan kedepanya,” kata Roni saat dikonfirmsi awak media.Ia mengaku sebagai sebagai calon Dandim kedapan akan meneruskan program yang sudah lebih dulu diterapkan oleh Dandim 1014 Pangkalan Bun letkol Inf Wisnu Kurniawan, serta akan menciptakan berbagai program dan trobosan baru untuk kemajuan Kodim kedepannya.

Dalam kegiatan penyambutan ini ditandai dengan acara prosesi pedang pora dan upacara adat dari Kesultanan Kotawaringin, sebagai tanda diterimanya Letkol Inf M. Roni sebagi warga baru Kodim 1014 Pangkalan Bun. Letkol Inf M. Romi akan menggatikan jabatan Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun yang sebelumnya dipimpin oleh Letkol inf Wisnu Kurniawan.

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


June 2018
M T W T F S S
« May    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930