DANREM 102/PJG HADIRI HALAL BIHALAL KEBANGSAAN DIGELAR DI HUMA BETANG

Rumah atau huma betang merupakan rumah panjang khas suku dayak yang ditempati keluarga dengan beragam latar belakang. Mereka bersatu dalam keragaman. Huma betang secara filosofi, sebagai lambang kebersamaan dalam keragaman.

 

Hal inilah yang mendasari pemilihan tempat Halal Bihalal Kebangsaan yang digelar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kalimantan Tengah.
Dalam kesempatan acara Idul Fitri yang baru pertama kali ini, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan pesan keragaman kepada masyarakat, dengan mengatakan,” Mari kita jaga kerukunan dan keharmonisan, kita jaga Kalteng ini menjadi tanah berkah, dan mudah-mudahan dengan adanya halalbihalal kebangsaan ini kerukunan umat beragama semakin solid dan terus membaik,”

halal1 halal2 halal3

Dikatakan acara ini merupakan manifestasi keragaman, kerukunan, dan keharmonisan di Hari Raya Idul Fitri. Rumah Betang atau rumah panjang, tempat acara berlangsung, merupakan Sekretariat Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng sekaligus kantor Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) Kalteng. Tempat ini menjadi simbol filosofi di Huma Betang yang dijunjung tinggi masyarakat di Provinsi ini.
Dalam kesempatan yang sama, Danrem 102/Pjg, Kolonel Inf. Harnoto, S. Sos, menyatakan,”Acara ini merupakan wujud kesamaan tekad untuk menjaga keragaman di Kalteng. Wahana ini sangat tepat untuk memperkokoh ikatan persatuan dan kesatuan di bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila”, tegasnya.
Acara ini dihadiri Gubernur Kalteng, Kapolda Kalteng, Danrem 102/Pjg,sejumlah tokoh lintas agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, juga tokoh partai politik dan ormas. Selain itu, hadir pula Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran, Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang dan Wakil Ketua Abdul Razak, Wali Kota Palangka Raya Riban Satia,serta tokoh lainnya.

halal4 halal5 halal6
Urutan acara Halal bihalal kebangsaan, diawali dengan pembacaan doa lintas agama. Pembacaan doa enam agama itu bertujuan meningkatkan rasa persaudaraan, kerukunan dan keberagamaan, toleransi, serta menekankan tidak adanya tempat untuk radikalisme di Bumi Tambun Bungai, Pancasila ini

Dalam perhelatan ini Korem 102/Pjg juga terlibat aktif dalam kepanitiaan, bersinergi dengan Polda, Pemprov Kalteng, Pemko dan elemen masyarakat lainnya.(penrem 102/pjg.

Related posts:


DANREM 102/PJG


September 2018
M T W T F S S
« Aug    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930