PELTU DIDIK KRISTIAWAN, BABINSA ANDALAN PENGGERAK PRAMUKA DI PALANGKA RAYA

Palangka Raya-”Hitungan lima semuanya segera merapat ke sumber suara, satu, dua, tiga, empat, lima, jangan sampai ada yang terlambat”,tegasnya. Inilah sekelumit gambaran tegas Peltu Didik Kristiawan, Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut, Palangka Raya saat melatih anak didiknya di gugus depan yang berpangkalan di Caritas SD dan SMP katholik Santa Maria, Jl. Cilik Riwut Km. 05 Palangka Raya. Prajurit yang mengawali karir di Yonif 631/Atg dan memiliki motto “Jadilah menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesamanya “ini setelah masuk Kodim 1016/Plk, begitu antusias untuk melatih Pramuka. Dalam hal ini, Peltu Didik Kristiawan menjelaskan,”Saya konsen melatih di tingkat siaga dan penggalang, dengan didasari pemikiran untuk ikut berperan serta membentuk generasi muda yang berkarakter kuat, untuk masa depan. Di samping itu untuk mencari bibit baru saka wira kartika. Generasi muda sekarang, atau yang lebih dikenal dengan generasi millenial perlu pendekatan yang luwes. Berbeda jauh dengan masa kecil saya dulu”,tuturnya. Sebagaimana diketahui, generasi millenial sekarang ini lebih kritis dan mengikuti jaman, dengan penguasaan teknologi informasi sejak dini sehingga kaya informasi. Kegiatan dengan pendekatan yang kaku tentu kurang tepat.

“Dalam kegiatan melatih pramuka, saya buat pendekatan yang bervariatif dan menyenangkan. Sehingga anak-anak didik merasa betah”,tandasnya. Beragam prestasi telah diraih oleh Bapak satu anak ini. Baik di tingkat daerah maupun nasional. Salah satunya, sebagai pembina pendamping terbaik II Nasional Saka Wira Kartika di Kendari tahun 2015. Adapun prestasi anak didiknya cukup banyak, antara lain Juara I regu puteri predikat terbaik tinggi pada LT-III kwarcab Kota Palangka Raya tahun 2017, juara I regu puteri terbaik dengan predikat tinggi pada LT-IV kwarda Kalteng tahun 2017.

Dandim 1016/Plk, Letkol Czi. Chandra Adibrata, memberi apresiasi tinggi terhadap kiprah anggotanya, dengan menyatakan,”Kita beri apresiasi yang tinggi atas semangat dan dedikasi Peltu Didik Kristiawan dalam membina pramuka bagi generasi muda.

Mengutip pernyataan Danrem 102/Pjg dalam satu kesempatan, bahwa anak-anak yang menjadi anggota pramuka adalah anak yang berkepribadian. Jadi tetap bersemangat membina dalam wadah pramuka untuk membentuk generasi penerus yang berkarakter kuat. Saya ucapkan selamat bertugas dan terus kembangkan”,tegasnya.(penrem102/pjg)

penggerak1 penggerak2 penggerak3 penggerak4

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


September 2018
M T W T F S S
« Aug    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930