DANREM 102/PJG LAKSANAKAN WASGIAT CETAK SAWAH DI PANGKOH HILIR

Pulang Pisau- Danrem 102/Pjg Kolonel Inf Harnoto, So. Sos bersama Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) dan kelompok Tani Saka batang, Desa Pangkoh Hilir, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, pada Sabtu (14/7) meninjau cetak sawah dalam rangka wasgiat dan tatap muka dengan poktan setempat.

Dalam kesempatan tersebut Kolonel Inf Harnoto menyatakan,” Cetak sawah ini adalah tindak lanjut kerjasama antara Kementerian Pertanian dengan TNI-AD, untuk program mencetak lahan sawah baru di Desa Pangkoh Hilir, Kecamatan Pandih Batu. Secara fisik berjalan baik. Di wilayah ini pengairan sangat baik, tanah subur, dan para petani sangat bersemangat. Sekarang tinggal bagimana kita menggerakkan sistem dan memanfaatkan potensi ini semua”,tandasnya.

Selanjutnya Danrem menambahkan, program cetak sawah ini juga dimaksudkan dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan sekaligus ketahanan pangan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

“Khusus lahan yang dibuat di Desa Pangkoh Hilir ini dengan luas sekitar 100 hektar. Saat ini telah mencapai 81 ha, juga masih dalam proses penggarapan lanjutan, semoga pekerjaannya selesai tepat waktu serta dapat mewujudkan maksud dan tujuan yang kita inginkan bersama,” tuturnya. Menyinggung tentang karhutla Danrem 102/Pjg, menekankan di hadapan poktan,”Membuka lahan dan membersihkan lahan dengan cara membakar tidak dibenarkan. Karena akan mengakibatkan kabut asap yang membahayakan segala aspek kehidupan. Sangsi hukum telah menunggu bagi pelaku. Maka hati-hati”,tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pemkab Pulpis yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pertenakan (Distanak) Pulang Pisau, Slamet Untung Rianto menyatakan,” Program cetak sawah di Pulang Pisau pada tahun 2018 ini total luasannya sekitar 200 Ha. Dengan adanya program pencetakan sawah baru itu, Pemkab Pulpis didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalteng bertekad ingin terus meningkatkan produksi padi dengan target menjadikan Pulpis sebagai salah satu lumbung padi nasional”, tandasnya.

“Kami akan terus mendukung program dari Kementrian Pertanian Dirjen PSP RI yakni program cetak sawah. Kita juga tentunya akan memberikan bantuan kepada petani baik bibit, pupuk, maupun peralatan pertanian,” katanya menambahkan.

Pemkab Pulpis mulai tahun anggaran 2016, sudah mendapat jatah cetak sawah baru seluas Pulang Pisau 4.235 hektare. Dengan makin banyaknya sawah baru di Pulpis yang dicetak akan tentunya dapat meningkatkan produksi padi, khususnya di Bumi Handep Hapakat ini.

“Dengan adanya jumlah produksi padi yang meningkat tentunya kontribusi terhadap perekonomian masyarakat juga akan meningkat,”pungkasnya.

Sebelum berangkat ke Desa Pangkoh Hilir, Danrem 102/Pjg bersama rombongan berkenan singgah ke rujab Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo, untuk ramah tamah dengan orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat itu.(penrem102/pjg).

SAWAH-1 SAWAH-2 SAWAH-3 SAWAH-4 SAWAH-5

Related posts:


DANREM 102/PJG


August 2018
M T W T F S S
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031