KEBAKARAN DI MANTANGAI , DANDIM 1011 KLK DAN KA BPBD TERJUN LANGSUNG

Kapuas – Dalam tiga hari terakhir ini di desa Klumpang, kecamatan Mantangai, kabupaten Kapuas, tepatnya di daerah PT. KLM (Kalimantan Lestari Mandiri) dan sekitarnya telah terjadi kebakaran hutan dan lahan. Sejak hari pertama kejadian, Dandim 1011/Klk, Letkol Inf. A. Syaikhu, selaku Dansatgas Karhutla Kapuas bersama tim terpadu lainnya dari Polres Kapuas, BPBD Kapuas, Manggala Agni, Balakar, tim pemadaman karhutla PT. KLM dan masyarakat. Untuk mengefektifkan kerja di lapangan maka pada Minggu (15/07), di bawah pimpinan Dandim, tim terpadu lakukan evaluasi.

Dalam kaitan tersebut Dandim 1011/Klk menyatakan, “Meski api telah padam namun tidak tertutup kemungkinan akan timbul lagi, mengingat lahan yang terbakar merupakan lahan gambut. Oleh karena itu kita perlu evaluasi untuk pencegahan kebakaran lanjutan dan hasil evaluasi tersebut dijadikan model penanganan karhutla. Selama ini ada langkah yang perlu dioptimalkan”,tandasnya. Selanjutnya Dandim menambahkan, dalam evaluasi penanganan karhutla ada beberapa poin kita bahas. Pertama, masalah pelaku kita serahkan sepenuhnya kepada Polres untuk menangani. Apabila ada oknum terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, untuk memberi efek jera perlu dipublikasikan di media. Kedua, pemetaan (mapping) titik-titik sumber air dan jalan pendekat untuk mendorong peralatan. Ketiga, melakukan blocking dan pemutusan api, dengan cara pembasahan di area sekitar kebakaran, akan terbentuk pulau api, selanjutnya lakukan water bombing yang terkonsentrasi di titik yang telah diblocking. Keempat, membentuk tim lapangan terpadu untuk menangani dan menunggui lahan yang terbakar sepanjang waktu, siang dan malam sampai benar-benar padam. Setelah lahan dipadamkan jangan ditinggal begitu saja. Besar kemungkinan masih ada bara api di bawah permukaan yang akan membesar bila terkena angin. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah waspadai oknum pembakar yang kembali melakukan tindakan pembakaran karena petugas kembali.

Terkait di Mantangai, Dandim 1011/Klk, unsur dari Polres Kapuas, kepala BPBD Kapuas, Kalakhar (swadaya dari masyarakat), Tim pemadaman dari perusahaan PT. KLM, Manggala Agni, memberi atensi khusus dengan melakukan pemadaman dan pemantauan direncanakan sampai tiga hari ke depan sampai benar-benar padam.

BPBD-1 BPBD-2 BPBD-3 BPBD-4 BPBD-5

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


SATGAS TERPADU KAB. KOBAR, ALL OUT ATASI KARHUTLADANREM 102/PJG : PRAJURIT TNI HARUS NETRAL DALAM PILPRES

December 2018
M T W T F S S
« Nov    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31