PERSIT KARTIKA CHANDRA KIRANA KOORCABREM 102 PD XII/TPR GELAR CERAMAH PSIKOLOGI

Sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas anggota Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 102 PD XII/Tpr dan jajaran, telah diselenggarakan ceramah psikologi pada Kamis (19/07) bertempat di Aula Korem 102/Pjg. Materi yang dikaji adalah tentang penelusuran minat bakat dan memilih jurusan pada anak.
Bertindak selaku pemateri dalam perhelatan tersebut,
Mayor Inf. Kurniawan dari Dispsiad. Dalam kesempatan memberi sambutan, ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 102 PD XII/Tpr, Ny. Imelda Harnoto, menjelaskan,”Kegiatan penyuluhan yg dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan pandangan kepada para ibu, betapa pentingnya komunikasi dalam keluarga, apalagi di tengah perkembangan arus transformasi global yang kian pesat, yang dapat membawa pengaruh yang bersifat positif dan negatif. Dalam hal ini para ibu memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga, terutama dalam mengasuh anak. Dengan demikian diharapkan ibu ibu memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dalam keluarga, bagaimana cara mendidik dan mendisiplinkan anak dengan baik tanpa harus memarahi yang berujung kekerasan”,tandasnya. Selanjutnya Ibu ketua menambahkan,” Hal ini sangat penting karena di era saat saat ini masih sangat banyak yang salah dalam mendidik anak, sehingga anak-anak kita menjadi bandel bahkan tidak mau menurut dengan kata orang tua. Komunikasi merupakan salah satu hal penting yg dalam keluarga, bukan tanpa alasan keluarga menjadi kelompok sosial pertama dan tempat belajar sebagai mahluk sosial. Sebagai orang tua harus tahu cara yang benar dan baik dalam mendidik anak, karena kesalahan mendidik anak justru berdampak negatif terhadap psikis anak”,tuturnya.

Terkait penyaluran bakat dan minat anak, pemateri dari Dispsiad, menyatakan,”Perhatikan bakat dan minat anak sehari hari untuk memudahkan bagi orang tua menyalurkan bakat sesuai dengan kemampuan anak. Orang tua jangan suka memaksakan kehendak kepada putra-putrinya terutama tentang penjurusan yang dikehendaki anak, lihat mana yang menonjol diantara bakat anak itulah yg didorong untuk dikembangkan.

Jangan paksakan anak menjadi orang lain, jadikan mereka menjadi dirinya sendiri. Peribahasa buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya, yang berarti anak tidak akan jauh dari profesi orang tuanya, perlu dikaji ulang. Anak harus didorong menemukan dirinya sendiri. Orang tua tetap mendorong dan mengarahkan hal-hal yang bersifat normatif dan teologis sebagai dasar tingkah laku”,tandasnya.
Pantauan dari arena kegiatan, acara berlangsung dinamis dan produktif. Hadir dalam acara tersebut Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 102 PD XII/Tpr, Mayor Inf. Kuniawan dari Dispsiad, Pasipersrem 102/Pjg, para Ketua Cabang Persit Kartika Chandra Kirana dan anggota. Acara diakhiri wawancara dan foto bersama.

PSIKOLOGI1 PSIKOLOGI2 PSIKOLOGI3 PSIKOLOGI4 PSIKOLOGI5 PSIKOLOGI6


DANREM 102/PJG


June 2020
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930