DANREM 102/PJG : PENETAPAN SIAGA DARURAT BENCANA KARHUTLA KALTENG, PACU SEMANGAT SATGAS

Palangka Raya-Demikian disampaikan Danrem 102/Pjg, selaku Dan satgas Karhutla Kalteng, sesaat setelah apel siaga karhutla Kalteng di halaman kantor gubernur Kalteng, jl. Imam Bonjol 01 Palangka Raya pada Rabu (25/07).
Apel kesiapsiagaan karhutla Kalteng, dengan pimpinan apel gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran dihadiri Fkpd Kalteng, para bupati dan walikota se-Kalteng, para Dandim jajaran Korem 102/Pjg, para Kapolres jajaran Polda Kalteng, Dan Yonif R 631/Atg, para Dan/Ka Balak Aju, Kepala BPBD Prov. Kalteng, Kepala BPBD Kabupaten/Kota se-Kalteng, Ketua GAPKI Kalteng, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Bertindak selaku komandan apel, Letkol Inf. Tuwadi, Dandim 1012/Btk.
Apel diawali laporan sekda Kalteng, bahwa di Kalimantan Tengah dalam kurun waktu bulan Januari sampai pada 22 Juli 2018, telah terjadi 617 hotspot, 192 kebakaran hutan dan lahan, dengan luas areal mencapai 131,3 ha. Sampai saat ini kekuatan satgas darat Karhutla Kalteng berjumlah 8. 832 personel dan satgas udara 2 unit hely boomber di bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya.Selanjutnya dalam kesempatan memberi sambutan, Gubernur Kalteng selaku pimpinan apel menyatakan,”Kejadian kebakaran yang massif pada 2015 telah menggugah kesadaran kolektif kita untuk mencegah dan menanggulangi bencana karhutla. Kejadian tersebut jangan sampai terulang. Presiden pun memberi atensi khusus masalah ini, dengan terbitnya Inpres nomor 11 tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Karhutla.

Selanjutnya pada 6 Pebruari 2018, Presiden kembali menegaskan untuk meningkatkan sinergitas penanganan karhutla. Pada tahun 2016 dan 2017 telah terjadi penurunan signi:ikan. Memasuki tahun 2018, hotspot sampai dengan saat ini mengalami peningkatan. Hal ini merupakan tantangan kita semua”,tegasnya. Selanjutnya gubernur mengajak seluruh elemen untuk bersinergi mengatasi karhutla demi mencapai Kalteng bebas asap tahun 2018.
Dalam kesempatan tersebut gubernur menyatakan status siaga darurat karhutla dengan menyatakan,”Selaku Gubernur Kalimantan Tengah telah menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Propinsi Kalimantan Tengah.Dengan demikian maka fungsi komando, fungsi koordinasi dan fungsi pelaksana penaganan karhutla diharapkan bisa berjalan cepat, tanggap, sinetgis dan efektif”,tegasnya.
Hal lain yang ditandaskan gubernur berkaitan dengan para pengusaha berbasis lahan. Diharapkan peran aktifnya ikut menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, baik di wilayah usahanya maupun di lahan sekitarnya.
Menanggapi hal tersebut, Dansatgas Karhutla Kalteng yang juga Danrem 102/Pjg menyatakan,”Status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di wikayah Kalimantan Tengah, menjadi pemacu semangat untuk melaksanakan tugas pencegahan dan penanggulangan karhutla. Sinergitas antar elemen harus semakin padu dan kokoh”,tandasnya.

LAHUT1 LAHUT2 LAHUT3 LAHUT4. LAHUT5

 

Related posts:


DANREM 102/PJG


DANRAMIL 1011-04/SELAT KAPTEN INF AMIR DJAHA MEMBERIKAN WAWASAN KEBANGSAAN (WASBANG) KEPADA PELAJAR MAN SIRAJUL HUDA KELURAHAN PULAU KUPANG KECAMATAN BATAGUH KABUPATEN KAPUASDanramil 1011-04/selat kapten Inf Amir Djaha memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar MAN Sirajul Huda Kelurahan pulau kupang Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas, jumat (6/9/2019). kapten Inf Amir Djaha menyampaikan bahwa pemberian materi tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan para pelajar kepada tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan kerelaan berkorban bagi negara. Diharapkan para pelajar nantinya agar mempunyai mental dan karakter yang baik sebagai generasi penerus serta bebas dari narkoba, miras, aksi tawuran dan pergaulan bebas. Kepala Sekolah MAN Sirajul Huda sangat berterima kasih kepada Kodim 1011/Klk yang telah memberikan wawasan kebangsaan kepada para siswanya sehingga mereka bisa menambah ilmu, wawasan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para muridnya. “Wasbang yang diberikan oleh Danramil sangat mendapat antusias dan respon positif dari kalangan siswa-siswi. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari siswa-siswi yang disampaikan pada saat sesi tanya jawab,” ungkap Rusmiati, S.Ag.,S.Pd Dandim 1011/Klk menyampaikan Ada 4 pilar NKRI yang sangat penting untuk dipahami para siswa-siswi yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. “Jika para siswa-siswi sudah memiliki rasa kebangsaan maka kita akan menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani di antara bangsa-bangsa di dunia,” ujar Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P

October 2019
M T W T F S S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031