Tim Kajian Wantanas Kunjungi Korem 102/Pjg

Tim Kajian Daerah Setjen Wantanas menginjungi Korem 102/Pjg. Kedatangan rombongan disambut Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm Saiful Rizal yang didampingi para Kasirem di depan Makorem, Selasa (19/11).
Rombongan terdiri dari Mayjen TNI Afanti S Uloli (selaku Deputi Sistem Nasional Wantannas), Brigjen TNI Purwo Sudaryanto (Bandep Lingsos Sisnas Wantannas), Kolonel Inf Alfatoni (Anjak Bid Polkam Wantanas). Selanjutnya rombongan menuju ruang lobi untuk menerima paparan dari Danrem 102/Pjg terkait Ipoleksosbudhankam dan penanganan karhutla di Kalteng.
Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm Saiful Rizal mengungkapkan, penanganan karhuta di Kalteng sudah dilaksanakan dengan baik. Pihaknya sudah mengerahkan berbagai upaya.
k1

Menurutnya, berdasarkan hasil selama penanganan karhutla ada beberapa fakta yang ditemukan. Seperti, lahan terbakar yang berada di permukiman cenderung dibiarkan oleh lingkungan dan yang jauh dari pemukiman sulit dijangkau oleh satgas darat. Kebakaran terjadi dalam spot cukup banyak dan waktu yang hampir bersamaan
.
“Minimnya kesadaran masyarakat dalam melibatkan diri pada pencegahan dan penanganan karhutla. Sarana komunikasi belum interoperability, sehingga Karhutla masih terjadi,” jelasnya
.
Selain itu, lanjutnya, alat kelengkapan yang dimiliki satgas masih terbatas. “Sudah berupaya dengan swadaya namun tetap belum mencukupi,” katanya.
Ditambahkannya, koordinasi dan kerja sama antar instansi masih kurang, sehingga menghambat tercapainya tujuan untuk meminimalisir karhutla.
“Subsatgas di kab/kota telah aktif dan terkoordinir dalam penanganan, sektor yang cukup berat telah di backup perkuatan dari BPBD provinsi,” ungkapnya.
k4

Selain itu, BPN telah terlibat dalam pendataan lahan terbakar untuk kemudahan Satgas Kum menangani kasus karhutla. Ke depan, lanjutnya, ada beberapa konsep operasi yang akan diterapkan baik dalam pencegahan atau penanganan karhutla “Agar masalah karhutla ditangani dengan baik,” pungkasnya

k2

k3


DANREM 102/PJG


December 2019
M T W T F S S
« Nov    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031