Kasi Operasi Kasrem Korem 102/Pjg Dampingi Wamen KLHK ke Lokasi Karhutla

Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Bayu Permana diwakili Kasi Operasi Kasrem Kolonel Inf Rendra Dwi Ardhani, S.E., M. Han., hadiri kegiatan penjemputan Wakil Menteri Kementerian (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) Alue Dohong, M.Sc, Ph.D., bertrmpat di bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Jumat (29/9).

5 5a

Kegiatan langsung menuju ke Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, untuk melaksanakan pemadaman api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), tepatnya disamping SDN Bereng Kajang 1, Wamen KLHK ikut langsung berjibaku bersama Tim yang sudah ada dilapangan untuk membantu Memadamkan api, setelah itu meninjau lokasi penampungan air dari PT Pertamina.

Alue Dohong menyampaikan penanganan Karhutla Pemerintah Kabupaten/Kota beserta SOPD harus di keroyok secara bersama-sama untuk melakukan pemadaman api. Terutama diwilayah Tumbang Nusa (Pulang Pisau), Tanjung Taruna (Pulang Pisau), Kemeloh Baru (Palangka Raya). Ada 3 titik lokasi tersebut ia menyampaikan bahwa penting untuk dijaga. Karena memiliki ketebalan gambut yang sangat dalam. Saat musim kemarau kondisi air kering dan drop turun saat terjadi kebakaran upaya pemadamannya sangat sulit.

“Tiga lokasi ini memiliki gambut yang sangat dalam. Ini yang harus kita jaga, dan dilakukan pembasahan seperti bubur dibasahin ditusuk seperti banjir lah,” ucapnya, Sabtu, 30 September 2023.

Pembasahan yang ekstra diwilayah gambut yang sangat dalam perlu upaya penanganan prima. Sampai benar-benar gambut tersebut kondisinya seperti bubur. Barulah api Karhutla bisa padam sampai bagian dalam lapisan gambut yang terbakar.

“Itu salah satu caranya untuk pemadaman api yang tuntas dan kendala kita adalah sumber air permukaan musim kemarau saat el nino seperti ini sangat sulit,” tambahnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Menteri (Wamen) KLHK, DLH provinsi, Kasi Operasi Kasrem 102/Pjg, Dandim 1011/Klk, Kapolres Pulpis, Dansat Brimob, DLH kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DANREM 102 PJG
Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto,S.I.P
Maret 2024
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Archive